Flow Meter LC ini memiliki keunggulan dalam sistem kinerjanya, walaupun berada dalam tekanan dan suhu yang tinggi (panas) sekalipun.

Flow Meter LC atau Flow Meter Liquid Control merupakan alat yang digunakan untuk mengukur laju cairan dengan tingkat pengukuran yang akurat. Flow Meter LC ini juga banyak jenisnya.

Diantaranya;

  • Electromagnetic Flowmeter
  • Liquid Control Mass Meter Series
  • Positive Displacement Flow Meter
  • Turbine Flowmeter
  • Dan lain sebagainya.

Sebagai alat yang digunakan untuk mengetahui kuantitas aliran cairan dalam suatu jalur aliran, fungsi Flow Meter LC tidakhlah hanya itu saja.

Fungsi-fungsi lain yang dimiliki, yaitu;

  • Untuk mengukur kecepatan aliran (flow rate) dan total massa atau volume dari matrial yang mengalir dalam jangka waktu tertentu yang ditampilkan dalam bentuk data angka yang dapat juga diteruskan guna menghasilkan aliran listrik atau sinyal yang bisa digunakan sebagai input pada suatu alat control atau rangkaian electric lainnya.
  • Dapat pula digunakan untuk mendapatkan efisiensi dari suatu proses dengan cara melakukan penilaian terhadap besar kecilnya suatu aliran fluida. Contohnya seperti yang ada di industri manufacture yang mana kebutuhan air, udara bertekanan, dan steam yang ukuran besar kecilnya tentunya harus mengacu pada kebutuhan lini produksi berdasarkan konsumsi mesin pada proses produksi.
  • Bisa digunakan sebagai acuan besar kecilnya kebutuhan air dengan menyetel valve sehingga mesin yang membutuhkan air lebih kecil bisa disesuaikan alirannya. Begitu juga sebaliknya, sehingga tidak ada lagi kekurangan air untuk mesin-mesin yang membutuhkan lebih banyak.
  • Untuk proses biaya produksi, Flow Meter LC ini juga memliki peranan yang penting, yaitu guna mendapatkan biaya produksi sehubungan dengan konsumsi air yang digunakan. Dengan terdatanya jumlah pemakaian airnya, maka biaya produksi yang berhubungan dengan besarnya biaya fluida bisa dihitung secara pasti.
  • Flow Meter LC juga sering digunakan di perusahaan manufacture untuk melakukan efektifitas pengecekan performa mesin, mengukur kapasitas dan performa pompa, compressor, maupun cooling system. Sehingga, bisa diketahui sedini mungkin bila ada ketidakberesan pada mesinnya yang mana akhirnya bisa menghindari adanya break down machine dengan melakukan perawatan sesuai schedule, berdasarkan dari analisa hasil pengukuran sistem pendinginan atau lainnya.
  • Flow Meter LC ini bisa juga diaplikasikan pada batching system untuk mendapatkan kualitas hasil produksi yang konsisten. Contohnya yang ada di pabrik makanan, Flow Meter LC bisa digunakan untuk mengukur volume cairan untuk mixing (pencampuran) cairan yang berbeda sehingga kualitas mixing bisa terjaga konsistennya.
  • Pada proses pengolahan limbah, alat ini juga mempunyai fungsi yang sangat vital, yaitu untuk mengukur hasil proses, maupun guna mendapatkan optimalisasi penggunaan bahan kimia, misalnya seperti penggunaan koagulan maupun flokulan, sehingga besaran biaya proses pengolahan limbah bisa terpantau dengan baik.

Itulah fungsi-fungsi yang dimiliki oleh Flow Meter LC. Semoga dapat bermanfaat.