Uncategorized

Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Produk Perangkat Keras Komputer, Sebuah Studi pada PT

By April 25, 2021No Comments

Tujuan utama dari didirikannya sebuah perusahaan adalah memaksimalkan keuntungan untuk mensejahterakan para pemegang sahamnya dan dibutuhkan upaya untuk bertahan di dalam kompetisi dengan perusahaan sejenis. Tujuan pembuatan PT selanjutnya dapat dicapai dengan kinerja yang optimal dan kebolehan perusahaan di dalam menjaga keunggulan-keunggulan kompetitif yang dimilikinya, di mana keunggulan-keunggulan selanjutnya yang menjadi faktor pembeda bagi perusahaan dari pesaing-pesaingnya.

Bidang manajemen stratejik berhadapan dengan persoalan seputar bagaimana sebuah perusahaan raih dan menjaga kelebihan kompetitif yang dimilikinya. Hal selanjutnya dikarenakan menjaga kelebihan kompetitif merupakan tidak benar satu wujud perancangan dan pelaksanaan trick bagi perusahaan.

Terdapat sebagian sudut pandang di dalam mengidentifikasi kelebihan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan, tetapi sudut pandang yang paling terkenal adalah resource–based view atau kerap termasuk dikenal sebagai Resource Based View of The Firm.

Sudut pandang selanjutnya berdasarkan analisis bahwa sebuah perusahaan dapat raih dan menjaga kelebihan kompetitif bila perusahaan selanjutnya punya dan dapat menggunakan sumber-sumber daya dan kebolehan yang berbentuk spesifik atau langka dan juga sumber-sumber daya dan kemampuan-kemampuan selanjutnya tidak dapat ditiru atau tidak tersedia penggantinya. PT. Metrodata e-Bisnis adalah perusahaan nasional yang bergerak di bidang IT, di mana perusahaan ini punya merek PC sendiri dengan nama ION, di mana tak sekedar bertujuan sebagai pengembangan usaha, termasuk untuk memperkuat merek PC lokal.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami keunggulan-keunggulan kompetitif apa saja yang dimiliki oleh PT. Metrodata e-Bisnis dan strategi-strategi yang dikerjakan untuk mempertahankannya, agar perusahaan selanjutnya menentukan untuk memproses merknya sendiri.

Alat analisis yang digunakan adalah Constellation of Competitive Advantage, di mana kelebihan kompetitif dibagi menjadi enam komponen, agar dapat menopang untuk mengidentifikasi jenis-jenis kelebihan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan dan strategi-strategi yang dijalankannya dengan lebih jelas.