Uncategorized

Gaji UMR Tetap Bisa Punya Rumah?

By April 26, 2021No Comments

Memiliki tempat tinggal selamanya menjadi momok dan merupakan perihal yang sult tercapai bagi biasanya orang terutama yang berpenghasilan rendah atau setidaknya di batas upah minimum regional.

Namun, nyatanya membawa tempat tinggal bisa diwujudkan seluruh orang, lo. Maria Herawati Manik, Country GM Rumah123, menjelaskan bahwa membawa tempat tinggal bisa ditempuh melalui bermacam cara, bagi karyawan yang gajinya upah minimum regional (UMR) sekalipun.

Pertama, calon kastemer tempat tinggal bergaji UMR bisa ikut program kredit pemilikan tempat tinggal (KPR) tempat tinggal subsidi dari pemerintah.

“Ada bermacam program subsidi dari pemerintah layaknya layanan likuiditas pembiayaan perumahan townhouse permata hijau mansion, misalnya. Program itu dirancang supaya masyarakat Indonesia, baik yang berpenghasilan rendah samasekali tetap punyai akses untuk membeli tempat tinggal pribadi,”

Rumah yang dijual melalui program subsidi biasanya bertipe 36 sampai type 72, dengan kisaran harga Rp100 jutaan. Syarat-syarat cicilan tempat tinggal subsidi pemerintah pun tidak rumit. Beberapa di antaranya, misalnya, udah bekerja sepanjang 1 th. dan berpenghasilan maksimal Rp4 juta.

Maria menjelaskan bahwa tempat tinggal yang dijual secara lelang merupakan tempat tinggal sitaan milik nasabah bank yang tidak bisa melunasi cicilan KPR yang wajib dibayarkan setiap bulan.

Oleh sebab itu, harganya lebih tidak mahal dari harga tempat tinggal di pasaran, apalagi sampai 10% perbedaannya. Ketiga, cari KPR yang tawarkan duit muka (down payment/DP 0%).

Saat ini, Bank Indonesia punyai ketetapan yang melewatkan bank pilih duit muka yang wajib dibayar nasabah, apalagi sampai 0%—10% untuk tempat tinggal pertama. “Pembeli bisa menabung untuk mengumpulkan DP sebesar 10%, atau mencari bank yang sediakan KPR sebesar 0%. Untuk yang punyai gaji UMR menjadi tidak wajib tunggu pas lama untuk mengumpulkan duit muka,” lanjutnya.

Keempat, alokasikan pengeluaran untuk cicilan rumah. Mencicil tempat tinggal adalah tanggung jawab yang bakal berlangsung didalam jangka pas panjang. Apabila tidak terbiasa menyisihkan duit didalam pas lama layaknya untuk KPR, kata Maria, sebaiknya calon kastemer tempat tinggal terasa membiasakan diri.

“Dengan mengalokasikan pengeluaran itu, kita menjadi bisa memproyeksikan berapa jumlah cicilan yang wajib dibayarkan kelak. Pokoknya, jangan patah semangat, banyak caranya kecuali rela punyai dan membeli rumah.”