Bukan rahasia lagi bila Frank and Co Jewelry dikenal dengan perhiasan-perhiasan eksklusif dengan desain yang mengesankan. Reputasi yang bagus dan pengalaman hingga lebih dari dua puluh tahun pun membuat mereka dijadikan rujukan para pasangan untuk mencari cincin tunangan maupun cincin kawin.

Mengenakan cincin untuk dua acara penting tersebut memang sudah umum di Indonesia. Namun, masih banyak orang yang belum bisa membedakan cincin pertunangan dengan cincin kawin. Lantas, selain dari waktu pemakaian, apa saja hal yang membuat keduanya berbeda?

  • Pihak yang memakai cincin

Jika menelusuri tradisinya, cincin pertunangan atau cincin lamaran hanya dipakai pihak perempuan. Kendati demikian, di zaman modern, sebagian besar pasangan memilih menggunakan cincin lamaran atau pertunangan Frank and Co Jewelry bersama. Tidak ada aturan baku dalam pemakaiannya, sehingga Anda dan pasangan dapat menentukan sendiri apakah cincin untuk tunangan hanya dipakai salah satu pihak atau oleh keduanya.

  • Jumlah cincin

Menyambung dari poin sebelumnya, kalau Anda dan pasangan sepakat hanya pihak perempuan yang memakai cincin, maka jumlah yang disiapkan cukup satu saja. Namun, kalau keduanya bersedia, berarti cari cincin pertunangan atau lamaran yang sepasang. Dalam hal ini, Frank and Co Jewelry pun siap membantu Anda dan pasangan untuk mencarikan cincin yang tepat untuk momen tersebut, bahkan sekaligus dengan cincin kawin atau pernikahan.

  • Posisi cincin dipasang

Seperti halnya pihak yang memakai dan jumlah cincin, posisi mengenakan cincin pertunangan atau lamaran sebenarnya tak memiliki aturan pasti. Namun, karena sebagian besar pasangan mengenakan cincin pernikahan di jari manis tangan mereka, maka cincin pertunangan akan dipasangkan di jari manis tangan kiri. Meski begitu, beberapa pasangan memilih menumpuknya di salah satu tangan supaya tak kerepotan saat memakainya.

  • Desain atau model cincin

Jika Anda memeriksanya dengan teliti, desain atau model antara cincin pertunangan dengan cincin pernikahan mempunyai perbedaan. Cincin pertunangan dirancang lebih elegan dan tersedia dengan bentuk batu permata yang beragam. Antara lain solitaire, three stone, atau halo. Berbeda dengan cincin kawin Frank and Co Jewelry yang cenderung minimalis. Hal ini disebabkan cincin tersebut akan dipakai dalam jangka waktu lama, sehingga harus nyaman saat dikenakan pasangan.

  • Durasi pemakaian cincin

Anda pastinya sudah tahu perbedaan yang satu ini. Ya, cincin pertunangan atau cincin lamaran mempunyai masa pemakaian yang lebih singkat, yakni sampai hari pernikahan. Sementara cincin kawin akan terus digunakan selama puluhan tahun. Akan tetapi, seperti yang disinggung, beberapa pasangan sengaja tak melepas cincin pertunangan untuk kemudian ditumpuk dengan cincin kawin. Ada juga yang mewariskannya kepada anak atau cucu mereka.

Kombinasi cincin pertunangan dan kawin dari Frank and Co

Jika Anda dan pasangan sepakat menggunakan cincin pertunangan dan cincin kawin, Frank and Co Jewelry ternyata punya koleksi yang dapat diandalkan, yakni You Complete Me. Koleksi ini terdiri atas tiga cincin sekaligus, antara lain satu cincin berlian solitaire, satu cincin untuk calon pengantin pria, dan satu cincin kawin model eternity dengan deretan berlian untuk calon pengantin perempuan.Penggunaan emas putih dengan batu permata membuat seri You Complete Me tampak begitu elegan. Anda dan pasangan pun tak akan kerepotan mencari ring set untuk pertunangan dan pernikahan. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan cek website resmi Frank and Co Jewelry, ya!