Uncategorized

Tekanan udara ideal ban MTB

By May 8, 2021No Comments

Satu hal yang sering tidak dipedulikan oleh pesepeda adalah ukuran tekanan udara pada ban. Ketika memompa ban ukurannya adalah perasaan. Yaitu bersama memencet ban.

Bila Anda masih mengukur tekanan angin pada ban MTB bersama cara layaknya itu, langsung tinggalkan. Cara itu dapat dipastikan ada problem dipertanggungjawabkan secara teknis. Bisa saja ban benar-benar keras atau sebaliknya, kurang tekanan.

Kekurangan dan berlebihan angin pada ban berisiko sama, tidak nyaman, mengayuh tidak efektif, memperpendek usia ban, bahkan dapat menyebabkan kerusakan sepeda.

Ban benar-benar keras, memicu membal, cekeraman ban kurang, pengendalian sepeda terganggu. Akibat lain, guncangan yang ditimbulkan dapat menekan headset dan rangka (frame) sepeda, yang terlalu mungkin timbulnya kerusakan.

Ban kekurangan angin, pengendalian jadi berat, ban dapat melitir dan bocor. Dampak lainnya velk (rim) dapat meleot karena beban langsung ke velk.. Bila idamkan sadar lebih detil tentang ukuran tekanan udara pada ban, maka gunakanlah Flow Meter Tokico 2 Inch alat ini dapat memberi tau ukuran tekanan udara pada ban.

Ukuran tekanan udara pada ban sebetulnya tertulis pada sidewall tiap tiap ban. Sekadar contoh, ban berukuran 26 X 2.25 inchi, pada sidewall tertulis 35-65 psi (pound per inchi persegi). Ini bermakna ban dapat dipompa dari 35-65 psi.

Nah berapa ukuran standar ban? Ada variabel yang kudu diperhatikan. Pertama adalah berat badan. Semakin berat badan pengendara, makin tinggi kebutuhan tekanan ban.

Variabel ke-2 adalah lintasan. Bila lintasan rata, layaknya aspal, trotoar atau jalur dari semen, tekanan dapat dilengkapi 1-2 psi.

Nah bagaimana mengukur tekanan angin secara akurat? Anda kudu mempunyai pompa portable -kecil dapat dimasukkan didalam tas– yang udah dilengkapi bersama alat pengukur tekanan ban (pressure gauge).

Bila pompanya belum disertai pressure gauge, sebaiknya anda belanja alat pengukur tekanan secara terpisah.

Dirangkum dari beberapa jenama ban ukuran 26 X 2,25 inchi, tekanan angin sesuai berat badan pada lintasan cross country sampai bersama all moutain, adalah layaknya infografik di atas.