Uncategorized

Kinerja Pasok Daging Ayam di Royan Chicken Processing Menggunakan (Supply Chain Operations Reference) SCOR

By May 22, 2021No Comments

Daging ayam merupakan salah satu komoditas daging yang paling banyak dikonsumsi. Royan Chicken sebagai salah satu tempat tinggal pemotongan ayam di Yogyakarta, memotong lebih kurang 500 ekor ayam per hari.

Adanya keterlambatan pengiriman atau pasokan lumayan mengganggu dalam kelancaran rantai pasok ini.Disamping itu customer mendambakan daging yang tidak cuma bagus berasal dari aspek kualitasdan kuantitas tetapi terhitung kehalalan terjamin.

SCOR merupakan metode penilaian yang diciptakan oleh Supply Chain Council berasal dari dua perspektif yakni internal bisnis dan customer facing. 5 proses yang ada yakni plan, source, make, deliver dan return.

Penggunaan AHP dan Cause-Effect-Diagram adalah untuk mendapatkan karena berasal dari kasus dan memberi tambahan saran solusi berasal dari 3 kinerja terendah.

Framework yang udah disusun meliputi 9 kinerja. Pengukuran bersama Snorm DeBoer diperoleh 3 kinerja terendah dan setelah itu ditunaikan pengukuran AHP untuk memutuskan kasus yang paling krusial.

Setelah ditunaikan pengukuran,akhirnya diperoleh bobot produk cycle time (0,255), supply order fulfillment (0,35) dan supplier lead time (0,391). Rekomendasi yang diberikan adalah penerapan pemesanan pas saat berasal dari konsumen, pengiriman dan ukuran standar berasal dari suplier ayam serta siklus memproduksi yang pas waktu.