Uncategorized

Bagaimana Cara Mengoprasikan Portable Flow Meter?

By July 14, 2021No Comments

Di industri banyak aliran fluida didalam pipa yang mesti di ketahui kecepatan alirannya, baik sementara maupun untuk memantau kwlitas aliran agar performa mesin mampu di jaga kwalitasnya atau kwalitas produk terjaga konsistensinya. Untuk perihal ini kebanyakan departemen maintenance atau departemen QC butuh suatu alat yang penggunaanya sifatnya sementara dan tidak mesti di gunakan setelah itu atau mampu dipindah2 cocok bersama dengan permohonan para engineer atau Portable Flow meter.


Portable Ultrasonic Flow meters merupakan flow meters model ultrasonic yang benar-benar efisien manfaat mengukur kwalitas aliran suatu cairan didalam pipa.

Flow mtr. portable ini benar-benar gampang pengoprasiannya dikarenakan tidak mesti mengakibatkan kerusakan baik memotong maupun melubangi pipa. Portable flow meters ini benar-benar cocok untuk pekerjaan inspeksi, control, audit terhadap peralatan yangg terkait bersama dengan kwalitas aliran suatu cairan didalam pipa perihal ini dikarena flowmeter model portable ini gampang di bawa kemana mana.

Ultrasonic Flow mtr. merupakan model flow mtr. yang membawa banyak kelebihan dibanding bersama dengan model flow meters lainnya. Selain mampu digunakan untuk bermacam model Fluida layaknya water, oil, gas, chemical dan lainnya termasuk membawa biaya maintenance yang murah. Begitu termasuk untuk biaya investasi untuk ukuran-ukuran yang besar ultrasonic flow mtr. cenderung lebih murah sama seperti flow meter solar.

Ultrasonic flow meters membawa sebagian model installasi di mana ini bergantung terhadap model transducer yang digunakan. Seperti yang kami ketahui ada 3 model transducer ultrasoonic flow mtr. yaitu :

-In line transducer sensor
-Insertion Transducer sensor
-Clamp On Transducer Sensor


Khusus untuk model transducer Clamp On atau Clip On Ultrasonic flow mtr. ini mampu diaplikasikan untuk model flow mtr. portable, perihal ini dimungkinkan dikarenakan transducer clamp on ultrasonic ini memadai simpel dan cepat cara menggunakannya. Transducer berasal dari ultrasonic clamp on portable flow mtr. membawa sebagian ukuran bergantung terhadap diameter jalur pipa yang dapat diukur debitnya atau flow rate nya serta total akumulasi fluid yang mengalir terhadap pas tertentu.

Portable ultrasonic flow mtr. merupakan flow mtr. yang banyak di manfaatkan untuk inspeksi baik oleh QC, Maintenance, Engineer manfaat mengerti debit fluida / flow rate. Berikut ini langakah-langkah yang mesti dikerjakan didalam buat persiapan dan mengguankan portable flow meters :

-Cek kelengkapan Units ultrasonic portable flow mtr. dan pastikan ada :

Main unit Transmitter
1 Set Transducer ( 2 ea)
1 set Transducer cable ( 2 ea )
Clamp
Gel, Coupling compound
Alat ukur panjang, diameters ( penggaris, meteran atau lainnya )
Charger
SD card

-Tentukan posisi pengukuran terhadap pipa :
Arah aliran usahakan vertikal ( buttom to top ) atau
Horizontal
Jarak Down stream dan up stream ( lihat mannual operational)

-Ukur dimensi pipa
Diameter atau keliling
Ketebalan pipa
Ketebalan Linner ( jikalau menngunakan linner )
Cek menu M 10 sampai M 13

-Tentukan Jenis Material pipa(Carbon steel,SUS,PVC atau laiannya)
Cek menu M 14sampai M 18

-Tentukan model Fluida ( water, sea water, fuel, oil dll)
Cek menu M 20 sampai 22

-Dari ukuran Pipa yang diketahui pilih model transducer berasal dari faktor size maupun working temperaturnya

-Masukan parameter yang udah didapatkan diatas lantas lihat jarak transducer yang tercantum didalam menu jarak transducer dan jangan lupa masukan model pemasangan Transducer ( V, Z, N or W)

-Pemasangan transducer

Beri tanda area pemasangan transducer berdasarkan jarak transducer yang didapat terhadap transmitter
Bersihkan permukaan pipa berasal dari kotoran, debu, cat, karat
Bersihkan permukaans ensor dan beri gel secukupnya dan merata
Pasang Transducer di permukaan pipa yang udah di tentukan
Clamp Transducer agar tidak beralih posisinya
Cek sekali lagi apakah parameter-parameter layaknya diameter pipa, tidak tipis pipa, model pipa, model flluid, model transducer dan model pemasangan transducer untuk menegaskan kebenarna parameter tersebut.