Uncategorized

Instalasi Tabung Filter Air

By July 16, 2021No Comments

Ada 2 cara/sistem instalasi Tabung Filter Air yang mampu diterapkan dan disesuaikan situasi di lapangan, dan tentu ketiga proses berikut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Instalasi Tabung Filter Air Setelah Pompa dan Sebelum Toren

Pada proses ini air yang memiliki kualitas tidak baik yang di distribusikan lewat pompa yang memiliki tekanan atau laju air yang sangat kencang, berdampak pada proses filterisasi di mana air baku yang difilter/disaring tidak mencukupi harapan.

Hal ini disebabkan tekanan dan laju air yang kencang memaksa media filter jakarta tidak bekerja dengan maksimal, di mana endapan/kotoran yang awal mulanya sudah tersaring di anggota atas media bakal lagi lolos melalui media filter akibat pengaruh berasal dari besarnya tekanan/laju air berasal dari pompa. Untuk mengatasinya diperlukan menambahkan instalasi control valve (stop kran) yang diinstal sesudah pompa air berguna mengurangi tekanan/laju air yang bakal masuk ke filter.

Pada instalasi proses ini memiliki kekurangan di mana media filter air cepat korosi agar media tidak bertahan lama (media tidak berumur panjang), kualitas hasil air tidak stabil dan mempercepat perawatan (backwash).

Instalasi Tabung Filter Air Setelah Toren

Pada instalasi ini merupakan kebalikan berasal dari proses diatas di mana air baku yang memiliki kualitas tidak baik bakal didistribusikan dan ditampung pada tangki air (toren), agar air dengan kualitas tidak baik berikut bakal mengalami oksidasi dan pengendapan kotoran pada tangki.

Air yang sudah ditampung bakal didistribusikan dengan mengandalkan tekanan gravitasi agar laju air tidak sangat kencang untuk melalui media filter. Hal ini amat mungkin media filter air mampu bekerja dengan maksimal dan hasil air pun sesuai harapan yakni jernih dan bersih.

Sistem instalasi ini menyebabkan usia media lebih panjang dan tidak cepat korosi, serta jarak perawatan pun lebih lama. Namun pada instalasi ini memiliki kelemahan di mana kami perlu senantiasa mengontrol dan menguras tangki agar kotoran dan endapan tidak sangat menumpuk.

tak sekedar itu pada instalasi ini mampu dilaksanakan bilamana posisi tangki lebih tinggi berasal dari tabung filter sedikitnya 2 meter, jikalau sejajar pada tangki dan tabung filter maka diperlukan menambahkan pompa dorong (booster pump) agar laju air sesudah filter ke instalasi kran senantiasa kencang.