Mengedit foto menjadi kian mudah berkat hadirnya beragam aplikasi edit foto yang sudah mendukung sistem operasi Android dan iOS. Jadi, untuk bisa mengedit foto bisa langsung dilakukan di HP tanpa harus menggunakan PC.

Ada beragam aplikasi edit foto yang sering digunakan, seperti Adobe Lightroom, VSCO, Snapseed, dan beragam lainnya. Seluruh aplikasi tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Namun, salah satu yang menurut tim kami terbaik adalah Adobe Lightroom.

Tentunya hal tersebut memiliki beberapa pertimbangan, yang mungkin juga akan sangat membantu kamu untuk menghasilkan foto yang estetik.

Lightroom
Lightroom

1. Mampu Mengedit Foto RAW

Kebanyakan pengguna yang bukan fotografer, mungkin lebih kenal dengan jenis format foto, seperti JPEG, PNG, GIF, atau lainnya. Namun, semua format yang disebutkan sebelumnya ternyata sudah mengalami proses kompresi dan dikurangi kualitasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya para fotografer professional menggunakan format RAW atau format asli dari foto yang dipotret. Jadi, kualitas dari foto masih original sesuai dengan yang ditangkap kamera.

Jika kamu merupakan seseorang yang senang mengedit foto dengan menggunakan format RAW, maka kamu ada baiknya mencoba aplikasi Lightroom. Melalui aplikasi ini, mengedit foto RAW dapat dilakukan dengan mudah dan didukung pula dengan beragam fitur menarik.

2. Terdapat Fitur Preset

Hmm, mungkin kamu berpikir bahwa fitur preset juga bisa kamu temukan pada aplikasi edit foto lainnya, seperti VSCO atau lainnya. Namun, perbedaannya disini adalah preset lightroom milik kamu bisa kamu ekspor dan bertukar dengan milik orang lain.

Jadi dengan kata lain, kamu bisa melakukan download preset lightroom diluar dari daftar preset yang sudah disiapkan oleh pihak Adobe sendiri. Tentunya dengan adanya fitur ini kamu bisa lebih mudah dan cepat mengedit foto.

Selain itu, jika kamu ingin memiki warna foto yang senada untuk beragam foto di feed Instagram, maka kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini. Kamu hanya perlu memilih preset yang sama untuk setiap foto kamu. Jadi, nanti Instagram kamu bisa ala-ala Selebgram gitu.

3. Desain Aplikasi

Meskipun Lightroom memiliki fitur yang super beragam dan tidak kalah seperti pada versi desktopnya, namun dapat dikatakan bahwa tampilan dari Lightroom sangat user friendly dan mudah digunakan.

Masing-masing fitur dikelompokkan berdasarkan kategorinya. Contohnya untuk mengatur tingkat eksposure, gelap dan terang, kamu bisa masuk ke menu Light. Disana kamu bisa mengatur segala sesuatu terkait pencahayaan foto.

Selain itu, desain modern yang digunakan pada lightroom juga sangat menyenangkan saat digunakan dan tidak bikin sakit mata. Nah, kelebihan terakhirnya adalah aplikasi ini terbilang “tangguh”. Dengan fitur beragam dan kompleks, namun aplikasi ini tetap ringan dan mudah dioperasikan.

Jadi, tidak heran apabila banyak sekali Selebgram yang menggunakan aplikasi Lightroom untuk mempercantik foto-foto yang ada di feed Instagram mereka. Apabila kamu ingin mendapatkan informasi terupdate lainnya terkait lightroom, kamu bisa melihat melalui portal Teknolagi.