Saat gorden di rumah terlihat lusuh dan kotor pastinya kita ingin cepat-cepat untuk cuci gorden tersebut. Tapi kamu harus tahu lebih dahulu cara mencuci gorden yang baik dan benar berdasarkan jenis kain yang digunakan. Kali ini kita akan membahas cara mencuci gorden berdasarkan dari jenis gorden tersebut. 

cek juga jasa cuci gorden jakarta

Bahan polyester dan Katun

Di saat kamu akan cuci gorden yang mempunyai bahan cenderung lemas dan halus seperti katun, satin, polyester memiliki cara pencucian yang tidak akan jauh berbeda. Mesin cuci yang kamu miliki di rumah bisa kamu manfaat untuk mencuci gorden yang berjenis katun, polyester, maupun satin. 

Pada mesin cuci yang kamu pakai tersebut silahkan gunakan mode pre-wash, jika gorden tersebut memiliki tingkat kekotoran yang tinggi. Adanya metode tersebut maka gorden akan dilakukan perendaman terlebih dahulu memakai air, baru setelah akan dicuci menggunakan deterjen. 

Pilih juga mode dedicate jika akan mencuci, menggunakan mode ini akan lebih mengurangi kerusakan pada serat kain gorden tersebut. Saat akan mempercepat proses pengeringan maka pakai tombol tumbler dry, selanjutnya kamu bisa menjamur gorden itu di bawah terik matahari, selain memakai mesin cuci.

baca juga: cuci stroller jakarta selatan

Ketiga jenis bahan kain itu bisa dicuci secara manual, yaitu dengan cara kamu terlebih dahulu harus menyiapkan deterjen dan air, selanjutnya kamu campurkan dan rendam lebih dahulu gorden ke dalam air dan  deterjen tersebut. Dimakan kurang lebih selama 30 menit, dan kucek dengan lembut, kami bisa menambah pewangi pakaian jika diperlukan. 

Kain yang tebal 

Jika gordenmu memakai kain yang tebal dan warna gorden terlihat cerah maka perhatikan lebih dahulu deterjen yang akan kamu pakai. Saat kamu memakai mesin cuci yang mempunyai bukaan atas pakai deterjen yang memiliki bisa lebih banyak. 

Saat kamu menggunakan mesin cuci bukan depan, pakai deterjen menghasilkan busa lebih sedikit. Saat cuci gorden dengan bahan yang begitu tebak jangan campurkan dengan pakaian yang lainnya. Cara mengeringkan sama dengan ketiga bahan di atas.