Keringat berlebih menjadi salah satu pemicu bau badan yang tak sedap. Ketika tubuh menghasilkan keringat, bakteri akan mengurainya menjadi bau asam. Ada banyak cara menghilangkan bau badan. Bisa menggunakan bahan kimia ataupun alami. 

Penyebab bau badan yang tak enak tidak hanya berasal dari keringat, makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh. Misalnya ketika Anda mengkonsumsi cabai, bawang putih, alkohol, bahkan obat-obatan.

6 Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat

Hampir semua orang di dunia ini mengalami masalah bau badan. Hanya 2% saja yang beruntung tidak mengalami masalah tersebut. Untuk menghilangkan bau badan, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan. Diantaranya adalah:

Menggunakan sabun antibakteri

Sabun antibakteri diformulasikan untuk menghambat kerja bakteri sehingga pH tubuh menjadi normal. Jenis sabun ini terbukti lebih efektif menghilangkan bau badan.

Mandi secara rutin menggunakan sabun

Mandi adalah cara yang mudah untuk menghilangkan bau badan. Mandilah paling tidak 2 kali dalam sehari menggunakan sabun. Saat mandi, jangan lupa bersihkan area selangkangan, sela kaki, lipatan pada siku, serta ketiak.

Memilih jenis makanan

Bawang putih merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memicu bau badan. Konsumsi sayur dan buah-buahan akan sangat membantu menyeimbangkan aroma pada tubuh. 

Menggunakan bahan alami

Ada banyak jenis bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau badan tak sedap. Misalnya seperti air rebusan daun sirih, soda kue, serta cuka sari apel.

Memakai parfum

Pilihlah parfum yang baunya tak menyengat. Menggunakan minyak wangi dapat membuat badan Anda segar dan tidak bau. Aplikasikan parfum yang aromanya tidak membuat bau badan semakin tak sedap.

Hindari stres

Stres dapat memicu produksi keringat berlebih. Karena itu, sebiisa mungkin hindari stres agar bisa terbebas dari masalah bau badan tak enak.

Masalah bau badan juga berkaitan dengan faktor hormonal. Beberapa orang harus hidup selamanya dengan bau badan yang kurang sedap. Kondisi ini dapat diatasi dengan bantuan medis. 

Cara menghilangkan bau badan sebenarnya sangat sederhana. Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengatasi masalah tersebut. Cukup mandi dengan teratur dan hidup santai. Jangan lupa jaga pola makan agar produksi keringat tidak berlebih.