Bisnis

Usaha Tanpa Modal Yang Bisa Dicoba

By November 7, 2021No Comments

Meski terdengar sedikit konyol, tapi faktanya memulai bisnis tidak harus butuh modal besar. Bahkan dengan hanya ‘modal dengkul’, Anda sudah bisa membuka peluang usaha untuk diri sendiri, dan mungkin membuka lapangan kerja untuk orang lain.

Tanpa butuh modal besar dan menjanjikan penghasilan melimpah, berikut merupakan peluang usaha yang bisa Anda coba di tahun ini.

  1. Makelar Properti
    Zaman sekarang, menjual properti tidak perlu survei tempat, dan keliling cari calon pembeli. Anda hanya cukup mendatangi si pemilik properti yang akan dijual, kemudian meminta izin menawarkan properti tersebut di media sosial.

Setelah itu, cantumkan nomor kontak Anda dan harga yang diinginkan, kemudian tunggu peminat datang menghubungi. Jika ada, Anda bisa mengajak si peminat untuk menemui langsung si pemilik properti. Keuntungannya, Anda akan mendapat komisi cukup besar jika aset tersebut terjual.

Selain properti, dengan cara yang sama Anda bisa jadi makelar untuk barang-barang lainnya, seperti kendaraan bermotor, produk elektronik, dan lainnya.

Jika serius, bukan tidak mungkin orang yang akan menjual aset mereka, akan langsung menemui Anda dengan harapan aset mereka akan lebih cepat terjual. Disinilah titik dimana Anda akan menjelma jadi agen properti.

  1. Jadi Youtuber
    Bukan rahasia umum lagi kalau banyak Youtuber Indonesia yang memiliki penghasilan fantastis, mencapai angka miliaran per bulan. Menariknya, siapa saja bisa membuat konten di Youtube. Jika Anda rajin dan konsisten mengupload video ke Youtube dan video Anda ditonton orang, Anda akan mendapatkan penghasilan dari iklan-iklan yang ditampilkan pada video Anda.

Yuk, mulai berkreatifitas dan salurkan hobimu dengan membagikannya melalui video Youtube. Siapa tahu banyak yang nonton dan Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Modalnya tentu aja gak besar, Anda bisa merekam dan mengedit video menggunakan HP yang Anda gunakan.

  1. Bisnis Jasa Titip Beli
    Di zaman sekarang, jasa titip beli merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa membidik mereka yang malas keluar rumah, atau tidak punya banyak waktu untuk pergi belanja kebutuhan sehari-hari, atau hal lainnya yang mereka butuhkan.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menawarkan jasa titip belanja di media sosial atau bisa juga mempromosikannya lewat grup whatsapp dan lainnya. Selain itu, Anda pun bisa mengumumkan even apa yang akan Anda kunjungi, misalnya bazar buku dan lainnya.

Saat ada orang yang ingin menggunakan jasa, Anda hanya perlu meminta mereka mentransfer uang belanjanya, daftar belanjaan yang harus dibeli dan tentu saja ongkos yang harus mereka bayar. Jangan lupa, perhitungkan biaya transportasi dan uang lelahnya.

Meski terlihat sepele, personal shopper atau jasa titip ini menghasilkan untung yang lumayan lho, terlebih merintis usaha ini hanya modal kuota Internet dan aktif di sosial media saja.

  1. Reseller dan Dropshipper
    Untuk merintis usaha tanpa modal, menjadi dropshipper bisa jadi ide terbaik. Anda hanya perlu ponsel dan akun sosial media. Setelah itu, carilah produk yang menurut Anda menjanjikan, dan minta izin kepada si pemilik barang untuk ikut menjualkan.

Setelah melakukan promosi, tinggal tunggu order yang datang. Jika ada, Anda bisa meneruskan order tersebut kepada si pemilik barang. Selebihnya, biarkan si pemilik barang yang mengambil alih, dari mulai packing, hingga pengiriman.

Keuntungan yang Anda dapatkan berasal dari fee penjualan. Makin tinggi jumlah penjualan yang Anda catatkan, makin tinggi pula keuntungan yang bisa didapat.

Namun ingat, karena tidak punya kendali atas barang yang dijual, pastikan si pemilik barang atau supplier benar-benar mampu menjaga kepercayaan. Termasuk dalam urusan pengiriman dan kualitas barang yang dijual.

  1. Reseller
    Berbeda dengan dropshipper, menjadi reseller bisa jauh lebih menjanjikan. Pasalnya, Anda akan mendapat barang dengan harga jauh dibawah pasar, dan menjualnya sesuai dengan harga pasar. Selisih inilah yang bisa Anda ambil sebagai bagian dari keuntungan.

Selain itu, jadi reseller pun jauh lebih nyaman karena Anda akan tahu bagaimana kualitas barang yang dijual, mengontrol pengiriman dan bahkan bisa menentukan harga jual sendiri.

Beberapa supplier sudah mulai melirik potensi dari reseller sebagai ‘corong promosi’, sekaligus tenaga marketing untuk produk atau jasa yang mereka jual. Inilah alasan kenapa beberapa supplier rela menawarkan bonus bagi reseller yang berhasil memenuhi target penjualan.

Untuk menjadi reseller, beberapa supplier memang ada yang mewajibkan pembelian awal dalam jumlah tertentu. Namun ada juga yang menggunakan peraturan lebih lunak, yakni membiarkan reseller menjual produk tersebut, tanpa harus menyimpan stok.

  1. Penulis Lepas
    Jika Anda punya kemampuan untuk menulis, tidak ada salahnya mengembangkan bakat tersebut jadi penulis lepas. Sekarang ini, banyak sektor usaha digital yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk memberikan ulasan sebuah produk, konten promosi, hingga konten berita.

Untuk jadi penulis lepas, Anda bisa menawarkan jasa di situ freelance, atau bisa juga dengan cara mendaftar jadi kontributor di beberapa situs yang membuka layanan tersebut. Hasilnya cukup lumayan, tergantung dari kualitas tulisan Anda.

Selain itu, ada juga beberapa perusahaan yang memberikan bayaran kepada kontributor berdasarkan jumlah views, jumlah klik iklan di page atau halaman tersebut, dan berbagai skema pembayaran lainnya. Tinggal pilih saja mana yang menurut Anda layak dicoba.

Itu dia 5 peluang usaha tanpa modal yang bisa Anda coba tahun ini. Memang tidak menjanjikan hasil instan, tapi setidaknya Anda sudah mulai melangkah untuk mendapat penghasilan yang cukup.

Pengumuman :

Butuh uang tambahan tak terbatas ? Segera raih peruntungan mu disini ” Idn slot ” dan disini ” Totobet hk ”

Jika Anda membutuhkan dana tambahan untuk menjadi reseller dan dropshipper, Anda bisa mendapatkan dana cepat cair lewat aplikasi pinjaman online Maucash. Maucash adalah aplikasi pinjaman online terpercaya dari Astra yang sudah berizin dan diawasi OJK. Yuk, mulai usaha Anda bersama Maucash sekarang!