General

Kebudayaan Khas yang Ada di Korea Ini Wajib Anda Ketahui

By November 15, 2021No Comments

Korea terkenal dengan kebudayaannya yang mungkin pernah Anda lihat satu-dua kali di film atau drama Korea. Tetapi, untuk mengetahui lebih rinci mengenai kebudayaan orang Korea, mari simak artikel di bawah ini. 

  1. Minum Soju Merupakan Salah Satu Kebudayaan di Korea

Kebudayaan yang pertama adalah minum. Orang-orang di negara Korea senang merayakan sesuatu dengan cara minum, entah itu setelah pulang kerja atau saat dipromosikan naik jabatan oleh atasan. 

Minuman keras yang dikonsumsi sendiri bernama soju dan menjadi minuman keras nasional di sana yang mirip seperti minuman vodka. Soju sendiri biasanya disajikan dengan makanan, entah itu gyoza atau makanan berat lain yang memiliki isian daging. Orang Korea juga memiliki gaya minumnya sendiri, yaitu duduk merapat pada satu meja sambil bersulang.

Kebudayaan Khas yang Ada di Korea Ini Wajib Anda Ketahui

Orang Korea juga mempunyai etika minum yang terbilang ketat. Contohnya ketika Anda menuangkan minuman keras untuk orang yang lebih tua atau lebih tinggi jabatannya dari Anda, maka Anda harus memperlakukannya dengan sopan untuk penghormatan.

  1. Kebiasaan Orang Korea Adalah Memakai Hanbok

Seperti negara lain pada umumnya, Korea juga memiliki pakaian khasnya sendiri, yaitu hanbok. Hanbok sendiri merupakan pakaian yang biasa dipakai untuk kegiatan sehari-hari orang Korea sebelum mengenal pakaian modern yang kita ketahui sekarang. 

Kebudayaan Khas yang Ada di Korea Ini Wajib Anda Ketahui

Tetapi di zaman yang sudah maju seperti sekarang, pakaian modern lebih mendominasi dan lebih sering dipakai pada nyaris seluruh acara. Hanbok juga biasanya hanya dipakai pada beberapa acara penting contohnya pertemuan keluarga besar, festival, pernikahan tradisional, dan pada acara seperti pemakaman. 

  1. Wajib Militer Adalah Suatu Keharusan Bagi Pria Korea

Wajib militer merupakan hal yang wajib dilakukan dan berlaku untuk semua pria berkebangsaan Korea mulai usia 18 hingga 35 tahun. Dengan catatan, pria yang dimaksud sehat jasmani dan rohani. Wajib militer sendiri umumnya dilakukan ketika memasuki usia 28 tahun dan berlangsung selama kurang lebih 21 bulan. 

Kebudayaan Khas yang Ada di Korea Ini Wajib Anda Ketahui

Tujuan dari wajib militer adalah untuk menggalakan aksi bela negara dan meningkatkan keamanan dari kebolehan masyarakat. Tak heran jika hal ini menjadikan Korea sebagai salah satu negara teraman.

  1. Festival Lumpur Merupakan Kebudayaan di Korea 

Bermain dengan lumpur sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang dk negara Korea. Mengapa begitu? Sebab, mereka mempercayai bahwa lumpur memiliki khasiat yang baik bagi kulit. Bahkan, orang Korea juga memiliki festifal khusus untuk bermain lumpur, yaitu festival yang dinamakan Boryeong Mud. 

Kebudayaan Khas yang Ada di Korea Ini Wajib Anda Ketahui

Festival ini juga telah ada sejak lama, yakni sekitar tahun 1998. Boryeong Mud juga menarik banyak minat wisatawan untuk ikut bergabung merasakan sensasi bermain lumpur dengan banyak orang. Festival lumpur ini diadakan pada musim panas dengan waktu perayaan selama 2 minggu penuh. 

  1. Memakan Kimchi Merupakan Budaya Orang Korea 

Kimchi terdiri dari berbagai irisan sayuran seperti kubis yang mengalami proses fermentasi sebelum dipadukan dengan saus cabai merah. Kimchi juga sering dipadukan dengan pasta ikan teri yang membuatnya memiliki aroma lezat yang lebih kuat. Rasanya pedas dan sedikit masam, membuat kesan segar tersendiri saat memakannya. Makanan satu ini juga sering disajikan dengan nasi atau sebagai pelengkap makanan lainnya di Korea. 

Kebudayaan Khas yang Ada di Korea Ini Wajib Anda Ketahui

Kimchi menjadi salah satu kebudayaan khas Korea sebab makanan ini sendiri merupakan perwujudan dari simbol orang Korea yang memiliki karakter menantang dan kuat.

Semua negara memiliki kebudayaannya masing-masing, termasuk dengan negeri ginseng ini. Hal tersebut kebanyakan akan Anda jumpai ketika mampir ke Korea.