Mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang ide bisnis cocomesh sabut kelapa bukan?.Nah,maka dari itu saya akan memberikan sedikit ide bisnis cocomesh sabut kelapa yang dapat anda lakukan/tiru di rumah.berikut ide bisnis cocomesh sabut kelapa.

Cocomesh sabut kelapa

Pengertian Cocomesh adalah jaring kelapa-kelapa dan menggunakan 100% bahan alami tanpa melalui proses kimia apapun. Cocomesh digunakan sebagai media untuk pertanian, perlindungan tanah longsor dan perlindungan tanah di lereng.

Kelapa-kelapa bekas pertama kali digunakan pada jok mobil, jok, dan selimut karena kemampuannya yang tinggi untuk menyerap udara dan bau, serta tidak berubah bentuk, dan tidak berjamur. Penggunaan Cocomesh merupakan salah satu solusi untuk menjaga menjaga tanah di tanah miring, mencegah erosi tanah dan humus atau tidak hara dalam tanah yang biasanya masalah di lahan miring. Setidaknya dalam 3 tahun, Cocomesh dapat terurai bersama dengan tanah dan berubah menjadi humus di area penanaman Cocomesh itu.

Cocomesh juga digunakan dalam reklamasi lahan oleh pertambangan dan telah terbukti menghijaukan kembali area yang rusak akibat aktivitas pertambangan. Ini adalah solusi yang lebih murah dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan struktur batu atau beton. Cocomesh dapat digunakan di area seperti: Reklamasi Lereng atau Bukit. Taman drainase dan pantai tepi sungai.

Proses Pembuatan Cocomesh

Bahan:

  • Sabut kelapa tua

Alat – alat :

  • Mesin pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintalan sabut kelapa

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa :

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua
  2. Giling kulit kelapa menjadi sabut dengan mesin dekomposisi sabut
  3. Keringkan sabut kelapa yang telah digiling hingga kering
  4. Putar sabut menjadi tambang dengan mesin pemmintalan sabut
  5. Rajut tali menjadi jaring (cocomesh)
  6. Jaring sabut kelapa / sabut kelapa siap pakai.

Baca Juga: http://rumahsabut.com/jual-cocomesh-murah-dan-berkualitas/

Kegunaan Cocomesh

Cocomesh memiliki beberapa kegunaan yaitu:

  1. Media penghijauan di lahan bekas tambang
  2. sangat cocok untuk bekas pertambangan dan reklamasi pantai
  3. Memperkuat materi di atas tebing
  4. Bahan untuk mencegah erosi
  5. Memperkuat tanah
  6. membantu memperkuat rel kereta api
  7. Memperkuat tebing jalan atau jembatan.

Ide bisnis cocomesh sabut kelapa

Hampir semua bagian pohon kelapa dapat digunakan. Tak terkecuali tempurung kelapa. Bahan ini sering terabaikan, padahal potensi ekonomi batok kelapa cukup tinggi untuk diolah menjadi berbagai kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi. Selama ini sabut kelapa sering digunakan sebagai media untuk mencuci piring atau peralatan masak. Banyak yang belum tahu, sebenarnya kelapa ini memiliki banyak sekali pesona. Ketika sabut kelapa sudah berada di tangan seseorang dengan tingkat kreativitas yang tinggi, maka manfaat sabut kelapa dapat diterjemahkan menjadi berbagai kerajinan tangan. Padahal, kulit kelapa ini bisa menjadi media melukis yang memiliki nilai seni tinggi.

“Mengubah sabut kelapa menjadi barang yang dapat berguna merupakan tugas yang cukup berat,” katanya. Mansur Mashuri, pemilik Jogja Coir House, mulai mengolah kelapa sejak tahun 2008. Ia terjun ke bisnis ini karena tergiur melihat potensi ekonomi kelapa. Mansur menghadapi tantangan besar untuk meneliti manfaat ekonomi dari batok kelapa. Pasalnya, kelapa sangat melimpah di daerah tempat tinggalnya. Salah satu produk yang ia buat adalah Cocomesh, sebuah media yang meningkatkan kelembapan tanah di daerah yang kadar airnya menurun karena aktivitas tertentu. Bentuk kelapa ini menyerupai jaringan. Cocomesh tidak hanya mengembalikan kelembapan tanah, tetapi juga mencegah erosi dan membantu memperkuat tanah di lereng.

Baca Juga: http://rumahsabut.com

Nah,itu tadi artikel tentang ide bisnis cocomesh sabut kelapa yang dapat anda tiru sebagai penambah pundi-pundi rupiah anda bukan?.sekian penjelasan tentang ide bisnis cocomesh sabut kelapa semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih.